Sabtu, 12 Maret 2016

makalah microsoft office 2010

MICROSOFT OFFICE 2010






INTAN DEWANI
142406192
KOM E1’ 2014












D3 TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN

2014






KATA PENGANTAR




Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah mengenai MICROSOFT OFFICE 2010. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami makalah ini, penulis menyusun makalah ini dengan bahasa, materi, dan penyajian secara sederhana. Dengan demikian, pembaca akan dapat mempelajari dan memahami makalah ini dengan mudah.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk memenuhi hasil yang sempurna. Akan tetapi karena keterbatasan yang penulis miliki, sehingga masih terdapat kekurangan disana-sini. Untuk itu dengan tangan terbuka dan kerendahan hati, kami mengharapkan kritik dan saran positif dari semua pihak.

Dengan selesainya makalah ini penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mambantu dan berpartisipasi, terutama kepada pembaca yang telah meluangkan waktu untuk membaca makalah ini. Semoga isi makalah ini bermanfaat bagi pembaca.



Medan, November 2014


                                                                                                                                     Penulis







DAFTAR ISI





DAFTAR PUSTAKA                                                                                                    
LAMPIRAN TUGAS                                                                                                 




PENDAHULUAN





Microsoft office merupakan program aplikasi perkantoran terbaru Microsoft. Kemampuannya yang komplit membuat Microsoft Office menjadi pilihan utama bagi para pengguna komputer untuk menangani masalah bisnis maupun personalnya dalam bidang pengolahan kata, data, presentasi, dan database. Office 2010 ini mempunyai beberapa varian di dalamnya, yaitu Word, Excel, PowerPoint, Access, dan lain-lain.

Microsoft Office 2010 (juga disebut Office 2010 dan Office 14) adalah sebuah suite produktivitas untuk Microsoft Windows, dan penerus Microsoft Office 2007. Office 2010 termasuk mendukung format file diperpanjang, update user interface, dan pengalaman pengguna yang mengubah.  Sebuah versi 64-bit dari Office 2010 tersedia, meskipun tidak untuk Windows XP atau Windows Server 2003.

Pada tanggal 15 April 2010, Office 2010 dirilis ke manufaktur. Suite ini menjadi tersedia untuk pembelian ritel dan online pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 adalah versi pertama untuk memerlukan aktivasi produk untuk edisi lisensi volume.

Office 2010 menandai debut versi online gratis Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, yang bekerja di web browser Internet Explorer, Firefox, Chrome dan Safari, tapi tidak Opera. Office Starter 2010, edisi baru Office, digantikan low-end di rumah perangkat lunak produktivitas, Microsoft Works.

Pembaruan Microsoft untuk suite produktivitas mobile, Office Mobile 2010, juga akan dirilis untuk Windows berjalan Telepon Windows Mobile 6.5 dan Windows Phone 7. Di Office 2010, setiap aplikasi fitur pita termasuk Outlook, OneNote, Publisher, InfoPath, SharePoint Workspace (sebelumnya dikenal sebagai Groove), dan Kantor baru Web Apps.



Sehubungan dengan adanya masalah yang timbul maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
a.       Sejarah dan perkembangan Microsoft OFFICE 2010.
b.      Fitur-fitur terbaru yang terdapat pada Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint OFFICE 2010.
c.       Kelebihan yang terdapat pada Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint OFFICE 2010.



Setelah membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat:
a.         Memahami sejarah dan perkembangan Microsoft Office 2010
b.        Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office dalam    kehidupan sehari-hari.
c.         Memberikan informasi tentang aplikasi yang ada pada Microsoft Office.



Dengan adanya penulisan makalah ini penulis berharap bermanfaat bagi:
1.      Diri penulis untuk melengkapi tugas akhir praktikum di laboratorium dan untuk mendalami masalah yang ada pada objek penulisan.
2.      Pihak – pihak yang ingin memperoleh informasi tentang objek penulisan ini baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.




PEMBAHASAN




2.1 Sejarah Microsoft Office

Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.

Dan pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan aplikasi kantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

Microsoft Office 2010 (juga disebut Office 2010 dan Office 14) adalah sebuah paket produktivitas untuk Microsoft Windows, dan penggantinya untuk Microsoft Office 2007. Office 2010 termasuk dukungan format file diperpanjang, update user interface, dan pengalaman pengguna yang diubah. Sebuah versi 64-bit Office 2010, walaupun tidak untuk Windows XP atau Windows Server 2003.

Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010 dan yang terakhir sampai sekarang adalah Microsoft Office 2013

Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2010 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 2013 bersamaan dengan Windows Vista yang sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.



Pembangunan dimulai pada tahun 2007 sementara Microsoft sedang menyelesaikan bekerja pada Office 12, dirilis sebagai Microsoft Office 2007. Itu diperkirakan sebelumnya bahwa Office 2010 (kemudian disebut Kantor 14) akan mengirimkan pada semester pertama 2009.

Pada tanggal 10 Januari 2009, screenshot dari Office 2010 alpha membangun RTM yang dibocorkan oleh tester. Pada tanggal 15 April 2009, Microsoft mengkonfirmasi bahwa Office 2010 akan dirilis pada semester pertama 2010. Mereka mengumumkan pada tanggal 12 Mei 2009, pada acara Ed Tech, versi trial dari edisi 64-bit Technical Preview 1 (Versi: 14.0.4006.1010) kemudian bocor pada 15 Mei 2009.

Sebuah pasca-beta membangun internal yang bocor pada 12 Juli 2009. Ini baru dari pratinjau resmi membangun RTM dan termasuk "Kapur" aplikasi uji internal Pada tanggal 13 Juli Microsoft mengumumkan Office 2010 pada Konferensi Worldwide Partnernya 2009. Pada tanggal 14 Juli 2009, Microsoft mulai untuk mengirimkan undangan pada Microsoft Connect untuk menguji preview resmi membangun dari Office 2010.

Pada tanggal 30 Agustus 2009, versi beta build 4417 bocor di internet melalui torrents. Versi beta publik telah tersedia untuk pelanggan TechNet dari MSDN dan Microsoft hubungkan pengguna pada 16 November 2009. Pada tanggal 18 Nopember 2009, versi beta secara resmi dirilis ke masyarakat umum di website Microsoft Office Beta, yang awalnya diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 11 November 2009 untuk memberikan screenshot dari suite kantor baru Office 2010. Beta versi bebas sepenuhnya fungsional dan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2010.

Dalam upaya untuk membantu pelanggan dan mitra dengan penyebaran Office 2010, Microsoft meluncurkan Office 2010 program aplikasi kompatibilitas dengan alat dan bimbingan tersedia untuk di download pada tanggal 5 Februari 2010. Kandidat rilis resmi membangun 4734,1000 yang tersedia untuk Connect dan penguji MSDN. Hal itu dibocorkan ke situs torrent beberapa hari setelah Escrow membangun RTM.

Microsoft mengumumkan RTM pada tanggal 15 April 2010 dan bahwa versi terakhir adalah untuk memiliki teknologi pidato untuk digunakan dengan text to speech dalam Microsoft OneNote, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook dan Microsoft Word. Office 2010 awalnya akan dirilis untuk pelanggan bisnis pada tanggal 12 Mei 2010.  Pelanggan bisnis dengan software assurance mampu mendapatkannya sejak 27 April 2010 dan pelanggan volume licensing lainnya bisa mendapatkan itu sejak tanggal 1 Mei. MSDN dan TechNet pelanggan telah mampu mendownload versi RTM sejak 22 April 2010. Nomor versi RTM adalah 14.0.4760.1000.

Pada tanggal 15 Juni 2010, Office 2010 dirilis ke pelanggan ritel. Pada 17 November 2010, Microsoft mengirimkan undangan ke sejumlah pilih penguji pada Microsoft Connect portal untuk pengujian beta membangun Office 2010 Service Pack 1 (SP1). Versi final dirilis ke publik pada tanggal 28 Juni 2011 dengan nomor versi 14.0.6023.1000.



Office 2010 lebih mengarah pada "peran berbasis" daripada versi sebelumnya. Ada fitur dirancang untuk karyawan di "peran seperti penelitian dan pengembangan profesional, penjualan orang, dan sumber daya manusia". Dalam pelaksanaan Internet, Office 2010 menggabungkan fitur dari SharePoint Server dan meminjam dari "Web 2.0" ide.
Microsoft Office 2010 termasuk dukungan update untuk ISO / IEC 29500:2008, versi Standar Internasional Kantor Format Open XML (OOXML) file. Office 2010 menyediakan dukungan baca untuk ECMA-376, membaca / menulis dukungan untuk ISO / IEC 29500 transisi dan membaca dukungan untuk ISO / IEC 29500 yang ketat [32] dalam pra-rilis (beta) bentuk, bagaimanapun Office 2010 hanya mendukung varian Transisi, dan tidak ketat. Maksud dari ISO / IEC adalah untuk memungkinkan penghapusan varian Transisi dari versi sesuai ISO / IEC standar OOXML. Microsoft Office 2010 mendukung OpenDocument Format (ODF) 1.1 yang merupakan standar OASIS.

Pada seri Office 2010 ini Microsoft menghadirkan berbagai fitur dan kemampuan baru yang tidak dimiliki keluarga Office versi sebelumnya, yaitu sebagai berikut:

a.       Built-In screen Capture Tool, digunakan untuk menangkap isi layar secara keseluruhan atau hanya pada bagian tertentu dan menyimpannya dalam file.

b.      Background Removal Tool, fasilitas untuk menghilangkan gambar latar belakang secara keseluruhan atau hanya bagian tertentu.

c.       Protected Mode, merupakan fitur untuk memproteksi dokumen yang di download dan hanya bisa di edit setelah anda membukanya.

d.      SmartArt Template, template seni yang mempesona dan memberikan kemudahan dalam mendesain dokumen sesuai kebutuhan.

e.       Perizinan Author, merupakan fasilitas untuk melindungi dokumen berbasis web sehingga tidak semua orang dapat membuka dokumen ini selama belum mendapatkan ijin dari pembuat awal dokumen (Author).

f.       Completely Revamped. Office 2010 telah melakukan perubahan yang sangat besar dalam pilihan dokumen yang disajikan dalam tombol Office. Salah satunya adalah meta-data yang dapat ditambahkan ke dalam dokumen info. Dengan Office 2010 kini anda memiliki pilihan untuk menyimpan dokumen ke lokasi Share Point.

g.      Panel kontrol untuk mencetak, adalah tambahan yang fantastis. Dengan mengklik tombol print dibawah tombol Office 2010 maka file tersebut akan dapat tercetak secara otomatis.

h.      Jump-lists, jika menggunakan Windows 7 maka fitur dapat digunakan untuk pindah secara tepat ke Outlook 2010.


2.4 Fitur Perbaikan pada Microsoft Office 2010

Sebuah antarmuka Ribbon dimodifikasi hadir di semua aplikasi Office, termasuk Office Outlook, Visio, OneNote, Proyek, dan Publisher. Aplikasi Office juga memiliki Jumplists fungsional di Windows 7, yang akan memungkinkan akses mudah ke item baru dan tugas-tugas yang relevan dengan aplikasi Fitur Office 2010 meliputi:
a.       Ribbon antarmuka dan Backstage View di semua aplikasi.
b.      Latar Belakang Alat Penghapus Perangkat.
c.       Surat Styling.
d.      Firman 2007 Editor Persamaan umum untuk semua aplikasi, menggantikan Microsoft Equation Editor 3.0.
e.       SmartArt template baru.
f.       Teks baru dan efek editing gambar.
g.      Rekaman Layar dan Kliping alat.
h.      Fungsi hidup collaboration.
i.        Jumplists di Windows 7.
j.        Baru animasi dan transisi dalam PowerPoint 2010.
k.      Lihat Side by Side / Bergulir Synchronous di Word 2010.

Sebuah fitur baru dalam Microsoft Office 2010 adalah Sosial Outlook Connector, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke dan menerima update dari jaringan sosial mereka dalam Microsoft Outlook. Bila pengguna melihat email mereka nama, gambar, dan judul yang tersedia untuk orang yang mereka menghubungi. Janji mendatang juga dapat dilihat dengan fitur baru dan pengguna dapat meminta teman. Sosial Outlook Connector saat ini mendukung Facebook, LinkedIn, MySpace dan Windows Live Messenger.

Edisi Volume dapat diaktifkan menggunakan Multiple Activation Key (MAK) yang dibatasi oleh berapa kali mesin dapat mengaktifkan ketika terhubung ke server Microsoft, atau menggunakan Server Manajemen Kunci (KMS) yang membutuhkan aktivasi setiap 180 hari.

Pasang video YouTube di presentasi. Anda dapat dengan mudah menambahkan video klip dari internet ke dalam presentasi PowerPoint Anda seperti video Flash dalam halaman web biasa. Caranya hanya dengan menyalin kode embed dari YouTube (atau situs sharing video lainnya) dan menempelkannya pada bagian dimana saja pada slide Anda.

Simpan sebagai file PDF. Seluruh program Microsoft Office 2010 mempunyai fitur “built-in PDF writer”, sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan dokumen ke format PDF hanya dengan mengklik fitur tersebut. Anda tidak perlu lagi aplikasi PDF writer lain.

Share presentasi sebagai video. PowerPoint 2010 juga dapat mengubah presentasi Anda ke dalam bentuk file video yang dapat Anda unggah ke YouTube atau mendistribusikan pada media player portabel seperti iPod.    




MICROSOFT WORD 2010




Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Microsoft Office Word hanya sebuah bagian dari program sebenarnya yang terbandel dengan nama Microsoft Office.  Microsoft Office yang paling terbaru saat ini adalah Microsoft Office 2012 yang didalamnya terapat beberapa perangkat lunak yang salah satunya adalah Microsoft Office Word 2010.

            Pengertian Microsoft Word 2010 Yang lebih baru ekstensi menandakan Office Open XML standar internasional untuk dokumen Office dan digunakan oleh Word 2007 untuk Windows, Word 2008 untuk Macintos, “docx”. Serta oleh meningkatnya jumlah aplikasi dari vendor lainnya, termasuk OpenOffice.org Writer, kata sumber program pengolah terbuka. Microsoft tidak menjamin tampilan yang benar dari dokumen pada workstation yang berbeda, bahkan jika dua workstation menggunakan versi yang sama dari MicrosoftWord, terutama karena tata halaman tertanggantung pada printer yang sekarang. Ini berarti ada kemungkinan letak dokumen sekarang. Ini berarti ada kemungkinan dokumen penerima melihat mungkin tidak persis sama dengan dokumen pengirim melihat Pengertian Microsoft Word 2010.

3.2 Sejarah Microsoft Office Word

Pada tahun 1981-1990 banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh.

Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Pada rentang tahun 1990-1995, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.



Klik dua kali ikon Word 2010 di desktop dan Word akan terbuka. Atau ikuti langkah berikut:
1.      Klik pada tombol Start
Gambar 3.1 Tombol Start
2.      Sorot All Programs 
Gambar 3.2 all program
3.      Sorot Microsoft Office 

Gambar 3.3 Microsoft Office

4.      Klik pada Microsoft Word 2010
Gambar 3.4 Microsoft Word 2010


Memahami Ribbon adalah cara yang bagus untuk membantu memahami perubahan antara Microsoft 2003 ke Microsoft 2010. Ribbon memegang semua informasi dalam versi sebelumnya dari Microsoft Office dengan cara garis streaming lebih visual melalui serangkaian tab yang mencakup berbagai fitur program yang sangat besar.Untuk pengaksesan ribbon dapat dilakukan dengan mouse (klik pada tab yang diinginkan) atau dengan menekan tombol F10 (tampil huruf atau angka pada ribbon) diikuti dengan menekan huruf atau angka untuk memilih menu.




Gambar 3.3.1.1 Ribbon

1.   Tab Home
Ini adalah tab yang paling banyak digunakan, itu menggabungkan semua fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.

2.   Tab Insert
Tab ini memungkinkan untuk memasukkan berbagai item ke dalam dokumen dari gambar, clip art, tabel dan header dan footer.

3.   Tab Page Layout
Tab ini memiliki perintah-perintah untuk mengatur elemen halaman seperti margin, orientasi, menyisipkan kolom, latar belakang halaman dan tema.

4.   Tab Reference
Tab ini memiliki perintah-perintah untuk digunakan saat membuat Daftar Isi dan halaman kutipan untuk kertas. Ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk

5.   Tab Mailings
Tab ini memungkinkan dokumen untuk mengirimkan surat seperti mencetak amplop, label dan gabungan pengolahan surat.

6.   Tab Review
Tab ini memungkinkan membuat perubahan ke dokumen karena masalah ejaan dan tata bahasa. Hal ini juga memegang fitur melacak perubahan yang menyediakan orang-orang dengan kemampuan untuk membuat catatan dan perubahan dokumen orang lain.

7.   Tab View
Tab ini memungkinkan Kita untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dokumen dua halaman yang berbeda atau memperbesar/memperkecil.



1. Menu file
a. New                         : Membuka dockument baru yang masih kosong.
b. Open                       : Membuka file dokumen yang telah disimpan.
c. Close                       : Mrenutup dokumen.
d. Save                        : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan.
e. Save As                   : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
f. Save as Web page    : Menyimpan dalam format file web page.
g. Seacrh                     : Mencari teks tertentu dari suatu file.
h. Versions                  : Untuk mengetahui versi Ms. Word.
i. Web page Preview   : Melihat tampilan dokumen dalam format web page.
j. Page setup                : Mengatur seluruh formatan halaman.
k. Print Preview          : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak.
l. Print                         : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer.
m. Send to                   : Mengirim dokumen melalui e-mail.
n. Propertise                : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen.
o. Exit                         : Menutup program Ms. Word.

2. Menu Edit
a. Undo                       : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
b. Redo                       : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
c. Cut                         : Menghapus/memindahkan teks atau objek.
d. Copy                       : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard.
e. Office Clipboard     : Membuka isi clipboard.
f. Paste                        : Menempatkan objek/teks pada posisi titik sisip berada.
g. Paste Spesial           : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi
  titik sisip berada dengan format yang berbeda.
h. Paste Hyperlink       : Menempatkan teks sebagai hyperlink.
g. Clear                        : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar
                                      (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
h. Select All                : Untuk memblok semua isi dokumen.
i. Find                          : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
j. Replace                    : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu
k. Go To                      : Menuju ke halaman
l. Links                        : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
m. Object                    : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word

3. Menu View
a. Normal                                : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
b. Web layout                          : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
c. Print layout                          : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
d. Outline                                : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
e. Task Pane                            : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
f. Toolbars                               : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
g. Ruler                                   : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur.
h. Show Paragraph Marks       : Untuk menampilkan simbol paragraph
i. Gridlines                              : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerjaDocuments.
j. Map                                      : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambarHeader.
k. Footer                                  : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di  dokumen.
l. Footnotes                            : Melihat catatan hasil footnote.
m. Mark up                              : Menampilkan toollbar markup.
n. Full Screen                         : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.
o. Zoom                                   : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar

4. Menu Insert
a. Break                                   : Menentukan jenis perpindahan halaman
b. Page Numbers                     : Memberi nomor halaman
c. Date and time                      : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
d. Autotext                             : Menyisipkan kata.
e. Field                                    : Menyisipkan field.
f. Symbol                                : Menyisipkan symbol ke dalam teks
g. Comment                            : Menyisipkan komentar
h. Reference                            : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
i. Web Component                  : Menyisipkan komponen dari web
j. Picture                                  : Menyisipkan gambar
k. Diagram                              : Menyisipkan diagram
l. Text Box                              : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak
  tertentu kedalam dokumen aktif
m. File                                     : Menampilkan toollbar markup
n. Object                                 : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
o. Bookmark                           : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan
                                                  lainnya ke dalam dokumen
p. Hyperlink                            : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen.

5. Menu Format
a. Font                                     : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
b. Paragraph                            : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif.
c. Bullets and Numbering       : Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
d. Borders and Shading          : Memberikan bingkai dan arsiran
e. Columns                              : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
f. Tabs                                     : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
g. Drop Cap                            : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
h. Text Direction                     : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik.
i. Change Case                        : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil
j. Fit Text                                : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
k. Background                        : Memberi warna latar belakang pada dokumen
l. Theme                                  : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada
 halaman web
m. Frames                                : Membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen.
n. Autoformat                         : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru.
o. Style and Formating           : Mengubah style dan format.
p. Reveal Formating                : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks.
q. Object                                 : Memformat suatu objek

6. Menu Tools
a. Spelling and Grammar        : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari  teks atau Paragraf dalam sebuah dokumen.
b. Language                            : Menjalankan fasilitas penerjemah Bahasa.
c. Word Count                        : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, dan baris pada dokumen aktif.
d. Autosummarize                   : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif.
e. Speech                                 :Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks.
f. Track Changes                     : Menandai teks yang baru diubah sisinya.
g. Compare & Merge              : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya.
h. Protect Document               : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
i. Online Collaboration            : Mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui  internet
j. Letters and Mailings            : Memuat surat melalui fasilitas wizard
k. Macro                                  : Membuat dan menghapus macro sendiri
l. Template and add-ins          : Mengatur tampilan template
m. AutoCorrect Options         : Memperbaiki teks secara otomatis
n. Customize                           : Menata toolbar, menambahkan perintah baris,  membuat menu dan toolbar  sesuai keinginan

7. Menu Table
a. Draw Table               : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat
  gambar tabel
b. Insert                       : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
c. Delete                      : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom.
d. Select                      : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
e. Merge Cells             : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel.
f. Split Cells                : Memecah sel menjadi beberapa sel
g. Split Table               : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
h. Table AutoFormat   : Memformat tabel dengan format yang ada pada Ms. Word
i. AutoFit                    : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara
  Otomatis
j. Heading Rows Repeat: Mengulang baris judul
k. Convert                   : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
l. Sort                          : Mengurutkan data atau teks
m. Formula                  : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
n. Hide Gridlines        : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
o. Table Propertise      : Menampilkan kitak dialog Table Propertise.

8. Menu Window
a. New Window          : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
b. Arrange All             : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar
 dapat melihat seluruh dokumen dalam waktu bersamaan
c. Split                         : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian untuk bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

9. Menu Help
a. Microsoft Word Help          : Menampilkan menu help Word -
b. Show Office Assistant        : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
c. Office on the Web              : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
d. Activate Product                : Mendeteksi aktivasi Word
e. Detect and Repair               : Mendeteksi dan memperbaiki program word
f. About Microsoft Word       : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan



Microsoft Word versi sebelumnya menggunakan ekstensi file .doc dan .dot untuk masing-masing dokumen dan template. Pada Microsoft Word 2007, ekstensi berikut ini digunakan:
1.      *.docx       : Standard dokumen word tanpa macro atau coding
2.      *.dotx        : Dokumen word yang mengandung macro atau coding
3.      *.docm      : Template dari Word tanpa macro atau coding
4.      *.dotm       : Template dari word yang mengandung macro atau coding



Kelbihan yang terdapat pada Microsoft Office 2010, diantaranya:
1.      Fasilitas di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang versinya paling tinggi pada saat ini.

2.      Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.

3.      Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.

4.      Gaya tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.

5.      Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.

6.      Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable online), dan ODT (OpenOffice) secara langsung.

7.      Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.

8.      Terdapat ‘quick acces toolbar’.

9.      Untuk MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.

10.  Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.

11.  Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas, layaknya Microsoft Word 2007.

12.  Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft Word 2007.

13.  Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar kerja.

14.  Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.

15.  Save as lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), dan ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.

16.  Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.

17.  Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada edisi yang sebelum-sebelumnya.

18.  Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di ikon tersebut.

19.  Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.

20.  Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.

21.  Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada menu File.

22.  Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

23.  Loading lebih cepat dan lebih ringan.



1.      Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
2.      Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3.      Tidak terdapat ‘Office Button’.
4.      Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2010.
5.      Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu






MICROSOFT EXCEL 2010



Microsoft Office Excel 2010 adalah software statistika yang paling sempurna dan canggih karena tersedia berbagai rumus/formula untuk memudahkan anda dalam melakukan penghitungan, berbagai model charts/diagram yang bisa disesuaikan dan cara penggunaannya yang mudah, fitur untuk membuat dan mendesain tabel, dan berbagai fitur canggih lainnya. Selain itu, anda juga dapat men’share’ hasil kerja anda ke teman kerja anda melalui Microsoft SharePoint Workspace 2010 dan SkyDrive.



Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, Perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite program (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program atau saling terkoneksi satu sama lain).

Perangkat lunak (software) Type Spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet.
Tabel 4.1.1 Perkembangan Microsoft Office Excel
Tahun
Versi Excel
Sistem Operasi
Versi Microsoft Office
Excel 1.0
T/A
Excel 2.0 for Windows
T/A
Excel 1.5
T/A
Excel 2.2
T/A
Excel 2.2
T/A
Excel 3.0
T/A
Excel 3.0
T/A
Excel 3.0
T/A
Excel 4.0
T/A
Excel 4.0
Apple Macintosh
T/A
Excel 5.0
Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit)
Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
Excel 5.0
Apple Macintosh
T/A
Excel 7 for Windows 95
Microsoft Office 95
Excel 97 (Excel 8)
Microsoft Office 97
Excel 8.0
Apple Macintosh
Microsoft Office '98 for Macintosh
Excel 2000 (Excel 9)
Microsoft Office 2000
Excel 9.0
Apple Macintosh
Microsoft Office 2001 for Macintosh
Excel 2002 (Excel 10)
Microsoft Office XP
Excel 10.0
Microsoft Office v. X
Excel 2003 (Excel 11)
Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008
Microsoft Office System 2003
Excel 11.0
Apple Macintosh OS X
Microsoft Office 2004 for Macintosh
Excel 2007 (Excel 12)
Microsoft Windows XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows Server 2008.
Microsoft Office System 2007
Excel 2010 (Excel 14)
Microsoft Office 2010



1.      Baris Judul ( Tittle Bar ), bagian ini berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang di aktifkan.

2.      Baris Menu ( Menu Bar ), bagian ini berisi barisan perintah berupa menu, seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows, dan Help.

3.      Baris Toolbars ( Toolbars ), bagian ini berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yang sering digunakan.

4.      Tombol Ukuran ( Sizing Button ), bagian ini berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft Excel.

5.      Task Pane, pada bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita pada saat menyunting (meng-edit) lembar kerja, jendela Task Pane ini akan ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan.

6.      Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar ), bagian ini ditunjukkan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.

7.      Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scrool Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.

8.      Baris Rumus (Formula Bar), bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif di lembar kerja.



Fungsi adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan. Fungsi yang disediakan Excel 2010 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika, logika, teks, database dan lainnya. Fungsi dapat diketik secara manual atau menggunakan Faste Function.
Tabel 4.3.1 Fungsi pada excel
RUMUS
KETERANGAN
SUM
Penjumlahan suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =SUM(range data)
AVERAGE
Mencari nilai rata-rata dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= AVERAGE (range data)
MAX
Mencari nilai tertinggi dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= MAX (range data)
MIN
Mencari nilai terendah dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =MIN(range data)
COUNT
Mencari jumlah data pada range tertentu. Bentuk rumus =COUNT(range data)
VLOOKUP
Pembacaan tabel secara vertical
HLOOKUP
Pembacaan tabel secara horizontal
IF
Fungsi logika
AND
Logika yang bernilai benar jika semua syarat terpenuhi
OR
Logika yang bernilai benar jika minimal salah satu syarat terpenuhi
LEFT
Mengambil data dari kiri
RIGHT
Mengambil data dari kanan
MID
Mengambil data di tengah
Apabila Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya diperlukan ekspresi atau pernyataan logika. Ekspresi logika yang umumnya dipakai adalah :
=       sama dengan               <=     lebih kecil atau sama dengan
<       lebih kecil dari              >=     lebih besar atau sama dengan
>       lebih besar dari            <>     tidak sama dengan



1.      *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
2.      *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
3.      .XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
4.      *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
5.      *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
6.      *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
7.      *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
8.      *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
9.      *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.



1. LEBIH RINGAN.
Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.

2. MENU FILE HADIR KEMBALI.
Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan menemukan lagi The Office 2007 Button, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.

3. TAMPILAN RIBBON SERAGAM.
Ribbon atau pita menu kini juga dapat ditemukan pada aplikasi Office lainnya, yakni Outlook, Visio, OneNote, Project, dan Publisher.

4. SMART-ART DAN TEMPLATE BARU.
Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.

5. SAVE AS LEBIH VARIATIF.
Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), dan ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office bahkan terhadap open source.

6. PRINT FUNCTION INTEGRATED.
Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada menu File pada offce 2010 yang sangat memudahkan kita.

7. FUNGSI JUMP-LISTS.
Dengan fungsi jump-lists kita dapat langsung menuju dokumen yang sebelumnya pernah kita buka atau jalankan melalui StartMenu. Bisa dibilang layaknya RecentDocuments tetapi terbagi atas tiap aplikasi Office tersendiri dan hanya ada pada Windows 7.

8. FITUR THUMBNAIL.
Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.



a.       Kalau kita membuka Word 2010 tidak bisa langsung membuka Excel atau Powerpoint seperti pada OpenOffice (Pilih File-New-Spreadsheet/Powerpoint).
b.      Tidak dapat secara default menyimpan file dalam format OpenDocument (odt, ods, odp, dsb).
c.       Tampilan MS Office 2010 yang lebih banyak eye-candy juga lebih boros baterai laptop.





BAB 5




Bagi anda yang akan melakukan presentasi dan membuat slide show anda bisa menggunakan Microsoft Office PowerPoint 2010. Dengan Microsoft Office PowerPoint 2010, anda bisa membuat presentasi dalam bentuk slide show beranimasi dan bertransisi sehingga hasil presentasi anda terlihat lebih dinamis. Selain itu juga anda dapat menggunakan berbagai macam desain slide yang tersedia di softwarenya maupun dari office.com sehingga pekerjaan anda akan lebih cepat selesai. Anda juga dapat men’share’ hasil kerja anda ke teman kerja anda dengan mudah dan cepat.



Hal yang terpenting bagi sebagian orang untuk memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada pihak lain adalah dengan mempresentasikannya. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.


5.2 Sejarah Microsoft PowerPoint 2010

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Tabel 5.2.1 Perkembangan Microsoft Power Point
Tahun
Versi PowerPoint
Sistem Operasi
Paket Microsoft Office
1987
PowerPoint 1.0
Mac OS classic
T/A
1988
PowerPoint 2.0
Mac OS classic
T/A
1990
PowerPoint 2.0
Windows 3.0
T/A
1992
PowerPoint 3.0
Mac OS classic
T/A
1992
PowerPoint 3.0
Windows 3.1
T/A
1993
PowerPoint 4.0
Windows NT 3.1, Windows 3.1, Windows 3.11
Microsoft Office 4.x
1994
PowerPoint 4.0
Mac OS classic
T/A
1995
PowerPoint 7 for Windows 95
Windows 95, Windows NT
Microsoft Office 95
1997
PowerPoint 97
Windows 95/98, Windows NT 4.0
Microsoft Office 97
1998
PowerPoint 98
Mac OS Classic
Microsoft Office 1998 for Mac
1999
PowerPoint 2000
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
Microsoft Office 2000
2000
PowerPoint 2001
Mac OS X
Microsoft Office 2001 for Mac
2001
PowerPoint 2002
Windows 2000/XP
Microsoft Office XP
2002
PowerPoint v.X
Mac OS X
Microsoft Office:mac v.X
2003
PowerPoint 2003
Windows 2000 Service Pack 3, Windows XP Service Pack 1, Windows Server 2003
Microsoft Office System 2003
2004
PowerPoint 2004
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004
2006
PowerPoint 2007
Microsoft Windows Vista, Windows XP Service Pack 2, Windows Server 2003, Windows Server 2008
Microsoft Office System 2007
2007
PowerPoint 2008
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2008
2010
PowerPoint 2010
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2
Microsoft Office 2010
2010
PowerPoint 2011
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2011
2013
PowerPoint 2013
Windows 8 (Disarankan), Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012, Mac OS X (Office 365)
Microsoft Office 2013 & Office 365



Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).

PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).



1.      *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
2.      *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
3.      *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
4.      *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.



Baris Judul atau title bar merupakan program aplikasi dari file yang aktif.
1.      Icon control menu merupakan menu yang digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.

2.      Baris Menu (Menu Bar) berisi perintah berupa menu-menu yang aktif, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.

3.      Toolbar standard berisi perintah-perintah shotcut (singkat) yang membentuk icon-icon berupa icon New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo dan seterusnya dan berfungsi untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.

4.      Toolbar Formatting berisi fasilitas-fasilitas untuk memformat area slide lembar kerja berupa jenis huruf, tebal, miring, garis bawah, rata kiri, tengah, rata kanan, rata kiri dan kanan dan seterusnya.

5.      Drawing Bar (baris gambar) berisi fasilitas sederhana untuk menggambar, terdapat juga word art, clip art, teks box dan lain-lain.

6.      Area Catatan, digunakan untuk memberikan catatan (notes) pada slide yang sedang dipilih.

7.      Area Slide, untuk menampilkan slide aktif yang sedang dirancang.

8.      Area Outline, untuk menampilkan kerangka presentasi yang mencakup judul dan isi m4teri presentasi secara keseluruhan.

9.      Office Asistant, menampilkan bentuk gambar animasi yang menarik. Task Pane, jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen.

10.  Tombol ukuran menentukan besarnya layar tampilan, apakah diperbesar penuh satu layar atau diperkecil.



PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi Teks, Gambar dan Grafik, Foto, Suara, Film.

PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint

Berikut adalah fungsi yang kita dapatkan pada Ms. PowerPoint:
a.       Microsoft PowerPoint mempunyai fungsi untuk membantu kita mempresentasikan laporan. Maksudnya PowerPoint bisa menyusun bahan presentasi dan menyajikannya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat.
b.      Microsoft Power Point adalah suatu program aplikasi yang berfungsi untuk membuat presentasi dalam bentuk slide-slide.
c.       Untuk menjalankan Wizard dalam mengorganisir informasi dan untuk merancang tampilan / presentasi.
d.      Untuk membantu mengorganisir informasi presentasi dan membantu dengan tampilan keseluruhan.


Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh.

Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Walaupun Begitu, Microsoft sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12).



Presentasi dalam bentuk PowerPoint adalah mengumpulkan slide elektronik yang di dalamnya terdapat teks, gambar, grafik, tabel, suara, dan video. Dalam menyampaikan presentasinya, informasi yang telah disusun dapat berjalan dengan otomatis atau dapat juga dikontrol oleh penyaji materi.



 













Gambar 5.7.1 Tampilan Microsoft PowerPoint 2010

1.      Tombol Microsoft Office PowerPoint
Dalam tombol Microsoft office terdapat banyak fungsi, seperti file menu pada versi PowerPoint sebelumnya. Pada tombol Microsoft office tersebut terdapat menu create a new presentation, open an existing presentation, save and save as, print, send, dan close.

2.      Menu pita
Menu pita adalah panel yang terdapat di atas layar dan memiliki 7 tab, yaitu home, insert, design, animations, slide show, review and view. Tiap label dipisahkan dalam kelmpok. Menu tersebut dikelmpokan berdasarkan fungsinya dan dapat digunakan dalam membuat dan mengedit slide PowerPoint.
            Keunggulannya terlihat pada menu pita. Untuk mengetahui keunggulan tambahan pada tiap grup menu, klik panah yang terletak pada ujung bawah kanan pada ujung bawah kanan pada tiap-tiap kelompok.

3.      Toolbar quick access
Toolbar quick access adalah toolbar yang dapat diubah. Dalam toolbar tersebut terdapat perintah yang dapat digunakan. Kita dapat meletakan Toolbar quick access tersebut diantara atau di bawah menu pita. Untuk mengubah letak Toolbar quick access, klik pada panah ke bawah yang terletak pada sisi kanan toolbar dan kemudian klik show below the ribbon.

4.      Navigasi
Navigasi terletak pada kiri layar. Fungsinya untuk memilih slide yang diinginkan, pada navigasi ini berisikan slide-slide yang telah dibuat dalam ukuran kecil. Sementara itu, outline dipergunakan untuk materi-materi yang akan dimasukan dalam presentasi. Untuk mengakses outline, klik tab outline.

5.      Slide views
Presentasi dapat ditampilkan dalam beberapa variasi. Pada tab view dengan memilih kelompok presentation views terdapat cara tampilan slide berdasarkan pada tampilan normal, slide sorter, notes page, slide show, slide master, handout master, dan notes master.



Microsoft PowerPoint mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya:
1.      Mudah dalam penggunaannya.
2.      Dapat dicetak dalam bentuk handout, slide, outline maupun note page.
3.      Memiliki fasilitas tambahan yang berisi perintah perintah yang umum digunakan dalam program aplikasi Microsoft Office. fasilitas ini disebut dengan task panes yang terletak disebelah kanan layout (lembar kerja).
4.      Tersedia fasilitas Help yang memberikan kemudahan pada anda untuk dapat mengetik kata kunci pada kata Ask a Question yang terdapat di menu bar.
5.      Tersedia fasilitas smart tag yaitu fasilitas tambahan dalam pengkopian teks yang memberikan pilihan dalam mengubah format format teks teks yang anda inginkan.
6.      Mudah dalam diagram atau Chart dengan menggunakan Toolbar Drawing.
7.      Mudah dalam menentukan animasi dan format lainnya sendiri.
8.      Membawa lebih banyak energi dan dampak visual presentasi Anda.
9.      Buat presentasi berkualitas tinggi dengan pemandangan grafis.
10.  Memikat audiens dengan transisi baru dan peningkatan animasi.
11.  Bekerja pada beberapa presentasi dan beberapa monitor.
12.  Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
13.  Menambah pengalaman video pribadi.



Tak luput dari kekurangan, Microsoft PowerPoint juga mempunyai kekurangan seperti, yaitu:
1.      Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
2.      Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
3.      Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
4.      Installer yang lebih besar.
5.      Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
6.      Minimal OS Windows XP dengan SP2.
7.      Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
8.      File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
9.      Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10.  Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11.  Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.





BAB 6




Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan. Semoga makalah ini berguna bagi penulis khususnya para pembaca.



Microsoft Office adalah suatu produk perangkat kantor yang cukup handal dewasa ini. Setelah mengalami peningkatan fasilitas menuju penyempurnaan, hingga sekarang telah beredarnya Microsoft Office 2003, adapun program-program aplikasi perkantoran yang terintegrasi penuh antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya. Microsoft Office juga adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk perusahaan atau usaha sendiri. Software ini juga mudah dipahami.



Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui, agar supaya kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan “misalnya” tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan lain sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah microsoft office dan perkembangannya hingga sampai saat ini.


DAFTAR PUSTAKA






http://www.indoswara.com/

http://mugi.or.id/forums/t/2212.aspx








Tidak ada komentar:

Posting Komentar