MICROSOFT OFFICE 2010
INTAN DEWANI
142406192
KOM E1’ 2014
D3 TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SUMATERA
UTARA
MEDAN
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan
makalah mengenai MICROSOFT OFFICE 2010.
Untuk memudahkan pembaca dalam memahami makalah ini, penulis menyusun makalah
ini dengan bahasa, materi, dan penyajian secara sederhana. Dengan demikian,
pembaca akan dapat mempelajari dan memahami makalah ini dengan mudah.
Berbagai
upaya telah dilakukan untuk memenuhi hasil yang sempurna. Akan tetapi karena
keterbatasan yang penulis miliki, sehingga masih terdapat kekurangan
disana-sini. Untuk itu dengan tangan terbuka dan kerendahan hati, kami
mengharapkan kritik dan saran positif dari semua pihak.
Dengan
selesainya makalah ini penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT dan terima
kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mambantu dan
berpartisipasi, terutama kepada pembaca yang telah meluangkan waktu untuk
membaca makalah ini. Semoga isi makalah ini bermanfaat bagi pembaca.
Medan, November 2014
Penulis
DAFTAR ISI
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN TUGAS
PENDAHULUAN
Microsoft office merupakan program
aplikasi perkantoran terbaru Microsoft. Kemampuannya yang komplit membuat
Microsoft Office menjadi pilihan utama bagi para pengguna komputer untuk
menangani masalah bisnis maupun personalnya dalam bidang pengolahan kata, data,
presentasi, dan database. Office 2010 ini mempunyai beberapa varian di
dalamnya, yaitu Word, Excel, PowerPoint, Access, dan lain-lain.
Microsoft
Office 2010 (juga disebut Office 2010 dan Office 14) adalah sebuah suite
produktivitas untuk Microsoft Windows, dan penerus Microsoft Office 2007.
Office 2010 termasuk mendukung format file diperpanjang, update user interface, dan
pengalaman pengguna yang mengubah. Sebuah versi 64-bit dari Office 2010
tersedia, meskipun tidak untuk Windows XP atau Windows Server 2003.
Pada
tanggal 15 April 2010, Office 2010 dirilis ke manufaktur. Suite ini menjadi
tersedia untuk pembelian ritel dan online pada tanggal 15 Juni 2010. Office
2010 adalah versi pertama untuk memerlukan aktivasi produk untuk edisi lisensi
volume.
Office 2010
menandai debut versi online gratis Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, yang
bekerja di web browser Internet Explorer, Firefox, Chrome dan Safari, tapi
tidak Opera. Office Starter 2010, edisi baru Office, digantikan low-end di rumah perangkat lunak
produktivitas, Microsoft Works.
Pembaruan
Microsoft untuk suite produktivitas mobile, Office Mobile 2010, juga akan
dirilis untuk Windows berjalan Telepon Windows Mobile 6.5 dan Windows Phone 7.
Di Office 2010, setiap aplikasi fitur pita termasuk Outlook, OneNote,
Publisher, InfoPath, SharePoint Workspace (sebelumnya dikenal sebagai Groove),
dan Kantor baru Web Apps.
Sehubungan dengan adanya masalah yang
timbul maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
a.
Sejarah dan perkembangan Microsoft OFFICE
2010.
b.
Fitur-fitur terbaru yang terdapat pada
Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint OFFICE 2010.
c.
Kelebihan yang terdapat pada Microsoft Word,
Excel, dan PowerPoint OFFICE 2010.
Setelah membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat:
a.
Memahami sejarah dan
perkembangan Microsoft Office 2010
b.
Mampu menggunakan /
mengaplikasikan penggunaan microsoft office dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Memberikan
informasi tentang aplikasi yang ada pada Microsoft Office.
Dengan adanya
penulisan makalah ini penulis berharap bermanfaat bagi:
1.
Diri penulis untuk melengkapi tugas akhir
praktikum di laboratorium dan untuk mendalami masalah yang ada pada objek penulisan.
2.
Pihak – pihak yang ingin memperoleh
informasi tentang objek penulisan ini baik untuk kepentingan pribadi maupun
untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.
PEMBAHASAN
Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai
paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft
Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft
PowerPoint untuk Windows 2.0.
Dan pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan aplikasi
kantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total
Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup
signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan
sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan
semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar
masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Microsoft Office 2010 (juga disebut Office 2010 dan Office 14)
adalah sebuah paket produktivitas untuk Microsoft Windows, dan penggantinya untuk
Microsoft Office 2007. Office 2010 termasuk dukungan format file diperpanjang,
update user interface, dan pengalaman pengguna yang diubah. Sebuah versi 64-bit
Office 2010, walaupun tidak untuk Windows XP atau Windows Server 2003.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan
beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan
sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft
Office yang masih banyak digunakan
saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003,
Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010
dan yang terakhir sampai sekarang adalah Microsoft Office 2013
Pada kenyataannya
sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2010 masih belum
tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan
sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali
meluncurkan Microsoft Office 2013 bersamaan dengan Windows Vista yang
sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.
Pembangunan dimulai pada tahun 2007
sementara Microsoft sedang menyelesaikan bekerja pada Office 12, dirilis
sebagai Microsoft Office 2007. Itu diperkirakan sebelumnya bahwa Office 2010
(kemudian disebut Kantor 14) akan mengirimkan pada semester pertama 2009.
Pada
tanggal 10 Januari 2009, screenshot dari Office 2010 alpha membangun RTM yang
dibocorkan oleh tester. Pada tanggal 15 April 2009, Microsoft mengkonfirmasi
bahwa Office 2010 akan dirilis pada semester pertama 2010. Mereka mengumumkan
pada tanggal 12 Mei 2009, pada acara Ed Tech, versi trial dari edisi 64-bit
Technical Preview 1 (Versi: 14.0.4006.1010) kemudian bocor pada 15 Mei 2009.
Sebuah
pasca-beta membangun internal yang bocor pada 12 Juli 2009. Ini baru dari
pratinjau resmi membangun RTM dan termasuk "Kapur" aplikasi uji
internal Pada tanggal 13 Juli Microsoft mengumumkan Office 2010 pada Konferensi
Worldwide Partnernya 2009. Pada tanggal 14 Juli 2009, Microsoft mulai untuk
mengirimkan undangan pada Microsoft Connect untuk menguji preview resmi
membangun dari Office 2010.
Pada
tanggal 30 Agustus 2009, versi beta build 4417 bocor di internet melalui
torrents. Versi beta publik telah tersedia untuk pelanggan TechNet dari MSDN
dan Microsoft hubungkan pengguna pada 16 November 2009. Pada tanggal 18
Nopember 2009, versi beta secara resmi dirilis ke masyarakat umum di website
Microsoft Office Beta, yang awalnya diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 11
November 2009 untuk memberikan screenshot dari suite kantor baru Office 2010.
Beta versi bebas sepenuhnya fungsional dan berakhir pada tanggal 31 Oktober
2010.
Dalam upaya
untuk membantu pelanggan dan mitra dengan penyebaran Office 2010, Microsoft
meluncurkan Office 2010 program aplikasi kompatibilitas dengan alat dan bimbingan
tersedia untuk di download pada tanggal 5 Februari 2010. Kandidat rilis resmi
membangun 4734,1000 yang tersedia untuk Connect dan penguji MSDN. Hal itu
dibocorkan ke situs torrent beberapa hari setelah Escrow membangun RTM.
Microsoft
mengumumkan RTM pada tanggal 15 April 2010 dan bahwa versi terakhir adalah
untuk memiliki teknologi pidato untuk digunakan dengan text to speech dalam
Microsoft OneNote, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook dan Microsoft Word.
Office 2010 awalnya akan dirilis untuk pelanggan bisnis pada tanggal 12 Mei
2010. Pelanggan bisnis dengan software assurance mampu mendapatkannya
sejak 27 April 2010 dan pelanggan volume licensing lainnya bisa mendapatkan itu
sejak tanggal 1 Mei. MSDN dan TechNet pelanggan telah mampu mendownload versi
RTM sejak 22 April 2010. Nomor versi RTM adalah 14.0.4760.1000.
Pada
tanggal 15 Juni 2010, Office 2010 dirilis ke pelanggan ritel. Pada 17 November
2010, Microsoft mengirimkan undangan ke sejumlah pilih penguji pada Microsoft
Connect portal untuk pengujian beta membangun Office 2010 Service Pack 1 (SP1).
Versi final dirilis ke publik pada tanggal 28 Juni 2011 dengan nomor versi
14.0.6023.1000.
Office
2010 lebih mengarah pada "peran berbasis" daripada versi sebelumnya.
Ada fitur dirancang untuk karyawan di "peran seperti penelitian dan
pengembangan profesional, penjualan orang, dan sumber daya manusia". Dalam
pelaksanaan Internet, Office 2010 menggabungkan fitur dari SharePoint Server
dan meminjam dari "Web 2.0" ide.
Microsoft
Office 2010 termasuk dukungan update untuk ISO / IEC 29500:2008, versi Standar
Internasional Kantor Format Open XML (OOXML) file. Office 2010 menyediakan
dukungan baca untuk ECMA-376, membaca / menulis dukungan untuk ISO / IEC 29500
transisi dan membaca dukungan untuk ISO / IEC 29500 yang ketat [32] dalam
pra-rilis (beta) bentuk, bagaimanapun Office 2010 hanya mendukung varian
Transisi, dan tidak ketat. Maksud dari ISO / IEC adalah untuk memungkinkan
penghapusan varian Transisi dari versi sesuai ISO / IEC standar OOXML.
Microsoft Office 2010 mendukung OpenDocument Format (ODF) 1.1 yang merupakan
standar OASIS.
Pada
seri Office 2010 ini Microsoft menghadirkan berbagai fitur dan kemampuan baru
yang tidak dimiliki keluarga Office versi sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
a.
Built-In screen Capture Tool, digunakan untuk
menangkap isi layar secara keseluruhan atau hanya pada bagian tertentu dan
menyimpannya dalam file.
b.
Background Removal Tool,
fasilitas untuk menghilangkan gambar latar belakang secara keseluruhan atau
hanya bagian tertentu.
c.
Protected Mode,
merupakan fitur untuk memproteksi dokumen yang di download dan hanya bisa di
edit setelah anda membukanya.
d.
SmartArt Template,
template seni yang mempesona dan memberikan kemudahan dalam mendesain dokumen
sesuai kebutuhan.
e.
Perizinan
Author, merupakan fasilitas untuk
melindungi dokumen berbasis web sehingga tidak semua orang dapat membuka
dokumen ini selama belum mendapatkan ijin dari pembuat awal dokumen (Author).
f.
Completely Revamped.
Office 2010 telah melakukan perubahan yang sangat besar dalam pilihan dokumen
yang disajikan dalam tombol Office. Salah satunya adalah meta-data yang dapat
ditambahkan ke dalam dokumen info. Dengan Office 2010 kini anda memiliki
pilihan untuk menyimpan dokumen ke lokasi Share Point.
g.
Panel
kontrol untuk mencetak, adalah tambahan yang fantastis. Dengan mengklik tombol
print dibawah tombol Office 2010 maka file tersebut akan dapat tercetak secara
otomatis.
h.
Jump-lists,
jika menggunakan Windows 7 maka fitur dapat digunakan untuk pindah secara tepat
ke Outlook 2010.
Sebuah
antarmuka Ribbon dimodifikasi hadir di semua aplikasi Office, termasuk Office
Outlook, Visio, OneNote, Proyek, dan Publisher. Aplikasi Office juga memiliki
Jumplists fungsional di Windows 7, yang akan memungkinkan akses mudah ke item
baru dan tugas-tugas yang relevan dengan aplikasi Fitur Office 2010 meliputi:
a.
Ribbon
antarmuka dan Backstage View di semua aplikasi.
b.
Latar
Belakang Alat Penghapus Perangkat.
c.
Surat
Styling.
d.
Firman
2007 Editor Persamaan umum untuk semua aplikasi, menggantikan Microsoft
Equation Editor 3.0.
e.
SmartArt
template baru.
f.
Teks
baru dan efek editing gambar.
g.
Rekaman
Layar dan Kliping alat.
h.
Fungsi
hidup collaboration.
i.
Jumplists
di Windows 7.
j.
Baru
animasi dan transisi dalam PowerPoint 2010.
k.
Lihat
Side by Side / Bergulir Synchronous di Word 2010.
Sebuah fitur baru dalam Microsoft Office 2010 adalah Sosial Outlook
Connector, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke dan menerima update
dari jaringan sosial mereka dalam Microsoft Outlook. Bila pengguna melihat
email mereka nama, gambar, dan judul yang tersedia untuk orang yang mereka
menghubungi. Janji mendatang juga dapat dilihat dengan fitur baru dan pengguna
dapat meminta teman. Sosial Outlook Connector saat ini mendukung Facebook,
LinkedIn, MySpace dan Windows Live Messenger.
Edisi Volume dapat diaktifkan menggunakan Multiple Activation
Key (MAK) yang dibatasi oleh berapa kali mesin dapat mengaktifkan ketika
terhubung ke server Microsoft, atau menggunakan Server Manajemen Kunci (KMS)
yang membutuhkan aktivasi setiap 180 hari.
Pasang video YouTube
di presentasi. Anda dapat dengan mudah menambahkan video klip dari internet ke
dalam presentasi PowerPoint Anda seperti video Flash dalam halaman web biasa. Caranya
hanya dengan menyalin kode embed dari
YouTube (atau situs sharing video lainnya) dan
menempelkannya pada bagian dimana saja pada slide Anda.
Simpan sebagai file PDF. Seluruh program Microsoft Office
2010 mempunyai fitur “built-in PDF writer”,
sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan dokumen ke format PDF hanya dengan
mengklik fitur tersebut. Anda tidak perlu lagi aplikasi PDF writer lain.
Share presentasi sebagai video. PowerPoint 2010 juga dapat
mengubah presentasi Anda ke dalam bentuk file video yang dapat Anda unggah ke
YouTube atau mendistribusikan pada media player portabel seperti iPod.
MICROSOFT WORD 2010
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat
lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan
pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word
untuk Xenix, versi-versi lain
kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi
bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office
Word.
Microsoft
Office Word hanya sebuah bagian dari program sebenarnya yang terbandel dengan
nama Microsoft Office. Microsoft Office yang paling terbaru saat ini
adalah Microsoft Office 2012 yang didalamnya terapat beberapa perangkat lunak
yang salah satunya adalah Microsoft Office Word 2010.
Pengertian Microsoft Word 2010
Yang lebih baru ekstensi menandakan Office Open XML standar
internasional untuk dokumen Office dan digunakan oleh Word 2007 untuk Windows,
Word 2008 untuk Macintos, “docx”. Serta oleh meningkatnya jumlah aplikasi
dari vendor lainnya, termasuk OpenOffice.org Writer, kata sumber
program pengolah terbuka. Microsoft tidak menjamin tampilan yang
benar dari dokumen pada workstation yang berbeda, bahkan jika dua workstation
menggunakan versi yang
sama dari MicrosoftWord, terutama karena tata halaman
tertanggantung pada printer yang sekarang. Ini berarti ada kemungkinan letak
dokumen sekarang. Ini berarti ada
kemungkinan dokumen penerima melihat mungkin
tidak persis sama dengan dokumen pengirim melihat Pengertian
Microsoft Word 2010.
Pada
tahun 1981-1990 banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC).
Pencipta Bravo, Charles Simonyi,
meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke
Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1
Februari 1983, pengembangan Multi-Tool
Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM
PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga
WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau
WYSIWYG, dan merupakan program
pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word
juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka
menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti WordStar
dan WordPerfect, menampilkan
hanya teks dengan kode markup dan
warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh,
meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken
Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk
layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk
seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan
fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word
for Macintosh.
Setelah Word for
Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian
yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk
menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word
for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini
mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan,
Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua
pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01
secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal
untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan
versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Pada rentang tahun 1990-1995, Word for Windows diluncurkan.
Versi pertama dari Word for Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan harga 500
Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun
selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for
Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika
dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0
untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Klik dua kali ikon Word 2010 di
desktop dan Word akan terbuka. Atau ikuti langkah berikut:
1.
Klik pada tombol Start
Gambar
3.1 Tombol Start
2.
Sorot All Programs
Gambar
3.2 all program
3.
Sorot Microsoft Office
Gambar
3.3 Microsoft Office
4.
Klik pada Microsoft Word 2010
Gambar 3.4 Microsoft
Word 2010
Memahami Ribbon adalah cara yang
bagus untuk membantu memahami perubahan antara Microsoft 2003 ke Microsoft
2010. Ribbon memegang semua informasi dalam versi sebelumnya dari Microsoft
Office dengan cara garis streaming lebih visual melalui serangkaian tab yang
mencakup berbagai fitur program yang sangat besar.Untuk pengaksesan ribbon
dapat dilakukan dengan mouse (klik pada tab yang diinginkan) atau dengan
menekan tombol F10 (tampil huruf atau angka pada ribbon) diikuti dengan menekan
huruf atau angka untuk memilih menu.
Gambar
3.3.1.1 Ribbon
1.
Tab Home
Ini adalah tab yang paling banyak digunakan, itu
menggabungkan semua fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.
2.
Tab Insert
Tab ini memungkinkan untuk memasukkan
berbagai item ke dalam dokumen dari gambar, clip art, tabel dan header dan
footer.
3.
Tab Page Layout
Tab ini memiliki perintah-perintah
untuk mengatur elemen halaman seperti margin, orientasi, menyisipkan kolom,
latar belakang halaman dan tema.
4.
Tab Reference
Tab ini memiliki perintah-perintah
untuk digunakan saat membuat Daftar Isi dan halaman kutipan untuk kertas. Ini
menyediakan banyak solusi sederhana untuk
5.
Tab Mailings
Tab ini memungkinkan dokumen untuk
mengirimkan surat seperti mencetak amplop, label dan gabungan pengolahan surat.
6.
Tab Review
Tab ini memungkinkan membuat
perubahan ke dokumen karena masalah ejaan dan tata bahasa. Hal ini juga
memegang fitur melacak perubahan yang menyediakan orang-orang dengan kemampuan
untuk membuat catatan dan perubahan dokumen orang lain.
7.
Tab View
Tab ini memungkinkan Kita untuk
mengubah tampilan dokumen kita ke dokumen dua halaman yang berbeda atau
memperbesar/memperkecil.
1. Menu file
a. New : Membuka
dockument baru yang masih kosong.
b. Open : Membuka file dokumen
yang telah disimpan.
c. Close :
Mrenutup dokumen.
d. Save :
Menyimpan dokumen ke media penyimpanan.
e. Save As : Menyimpan
dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
f. Save as Web page
: Menyimpan dalam format file web page.
g. Seacrh : Mencari teks tertentu
dari suatu file.
h. Versions : Untuk mengetahui versi
Ms. Word.
i. Web page Preview
: Melihat tampilan dokumen
dalam format web page.
j. Page setup
: Mengatur seluruh
formatan halaman.
k. Print Preview
: Melihat tampilan dari
dokumen yang akan di cetak.
l. Print : Mencetak dokumen
dan mengatur kerja printer.
m. Send to : Mengirim
dokumen melalui e-mail.
n. Propertise : Mengetahu
beberapa keterangan mengenai isi dokumen.
o. Exit : Menutup program Ms. Word.
2. Menu Edit
a. Undo : Membatalkan
perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
b. Redo : Mengulangi perintah
yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
c. Cut :
Menghapus/memindahkan teks atau objek.
d. Copy :
Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard.
e. Office Clipboard : Membuka isi clipboard.
f. Paste
:
Menempatkan objek/teks pada posisi titik sisip berada.
g. Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di
clipboard pada posisi
titik sisip berada dengan format yang berbeda.
h. Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink.
g. Clear : Menghapus
semua data (All), format data (formats), komentar
(comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
(comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
h. Select All : Untuk memblok semua isi dokumen.
i. Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang
aktif
j. Replace : Untuk mencari dan mengganti
kata tertentu
k. Go To : Menuju ke halaman
l. Links : Mengubah
sumber link objek pada dokumen yang aktif
m. Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari
dokumen word
3. Menu View
a. Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
b. Web
layout : Mengubah tampilan layar dalam
bentuk web view
c. Print layout : Mengubah
tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
d. Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk
outline view
e. Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan
bantuan task pane di layar
f. Toolbars :
Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
g. Ruler :
Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur.
h. Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
i. Gridlines : Untuk
menampilkan tanda garis pada lembar kerjaDocuments.
j. Map : Menampilkan dokumen dengan
disertai peta gambarHeader.
k. Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen.
l. Footnotes : Melihat catatan hasil footnote.
m. Mark up : Menampilkan toollbar markup.
n. Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu
layar penuh.
o. Zoom : Menentukan
ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert
a. Break : Menentukan jenis perpindahan
halaman
b. Page Numbers : Memberi nomor halaman
c. Date and time : Menyisipkan tanggal
dan waktu yang berlaku saat ini
d. Autotext : Menyisipkan kata.
e. Field : Menyisipkan
field.
f. Symbol : Menyisipkan
symbol ke dalam teks
g. Comment :
Menyisipkan komentar
h. Reference : Menyisipkan
footnote, caption, cross reference
i. Web Component : Menyisipkan
komponen dari web
j. Picture : Menyisipkan gambar
k. Diagram :
Menyisipkan diagram
l. Text Box : Menyisipkan
teks atau gambar yang berada dalam kotak
tertentu kedalam dokumen aktif
m. File : Menampilkan toollbar markup
n. Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
o. Bookmark : Menyisipkan
tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan
lainnya ke dalam dokumen
lainnya ke dalam dokumen
p. Hyperlink : Menyisipkan
hyperlink pada taks, file, atau dokumen.
5. Menu Format
a. Font
: Memilih jenis, gaya, ukuran, dan
efek hurufyang diinginkan
b. Paragraph :
Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif.
c. Bullets and
Numbering : Menyisipkan bullet dan
nomor pada teks yang dipilih
d. Borders and
Shading : Memberikan bingkai
dan arsiran
e. Columns
: Membuat dokumen menjadi beberapa
kolom
f. Tabs : Menentukan batas tabulasi di
dalam dokumen
g. Drop Cap : Memformat
teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
h. Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari
teks yang diketik.
i. Change Case :
Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil
j. Fit Text : Mengatur jarak atara huruf
dalam kalimat
k. Background : Memberi
warna latar belakang pada dokumen
l. Theme : Mengatur format tampilan
theme yang digunakan pada
halaman web
m. Frames :
Membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen.
n. Autoformat : Mengubah
format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru.
o. Style and
Formating : Mengubah style
dan format.
p. Reveal Formating :
Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format
suatu teks.
q. Object : Memformat suatu objek
6. Menu Tools
a. Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan
tata bahasa dari teks atau Paragraf
dalam sebuah dokumen.
b. Language : Menjalankan fasilitas penerjemah Bahasa.
c. Word Count : Memberikan data
statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, dan baris pada dokumen aktif.
d. Autosummarize : Memberikan data
statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif.
e. Speech :Mengubah
pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks.
f. Track
Changes : Menandai teks yang baru diubah
sisinya.
g. Compare & Merge : Membandingkan dan menggabungkan
dokumen yang aktif dokumen lainnya.
h. Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk
pengubahan dokumen
i. Online Collaboration : Mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
j. Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard
k. Macro : Membuat
dan menghapus macro sendiri
l. Template and
add-ins : Mengatur
tampilan template
m. AutoCorrect
Options : Memperbaiki teks
secara otomatis
n. Customize : Menata toolbar,
menambahkan perintah baris, membuat menu
dan toolbar sesuai keinginan
7. Menu Table
a. Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders
untuk membuat
gambar tabel
b. Insert :
Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
c. Delete : Menghapus
tabel, baris, sel, dan kolom.
d. Select
: Menandai
tabel, baris, sel, dan kolom
e. Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi
satu sel.
f. Split
Cells : Memecah sel
menjadi beberapa sel
g. Split Table
: Memecah tabel menjadi
beberapa tabel
h. Table AutoFormat
: Memformat tabel dengan format
yang ada pada Ms. Word
i. AutoFit : Menentukan penyesuaian
judul, Windows, kolom secara
Otomatis
j. Heading Rows Repeat:
Mengulang baris judul
k. Convert : Mengkonversi teks menjadi
tabel, atau sebaliknya
l. Sort
: Mengurutkan data atau teks
m. Formula : Menggunakan rumus dan fungsi
yang disediakan Ms. Word
n. Hide Gridlines
: Menampilkan atau
menyembunyikan garis bantu pada tabel
o. Table Propertise
: Menampilkan kitak dialog Table
Propertise.
8. Menu Window
a. New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam
jendela berbeda
b. Arrange All :
Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar
dapat melihat seluruh dokumen dalam waktu
bersamaan
c. Split : Membagi dokumen aktif
menjadi dua bagian untuk bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu
bersamaan
9. Menu Help
a. Microsoft Word Help :
Menampilkan menu help Word -
b. Show Office Assistant : Menyembunyikan
atau menampilkan Office Assistant
c. Office on
the Web : Menampilkan
berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui
internet
d. Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
e. Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program
word
f. About Microsoft
Word : Menampilkan kotak dialog
tentang Microsoft Word yang digunakan
Microsoft
Word versi sebelumnya menggunakan ekstensi file .doc dan .dot untuk
masing-masing dokumen dan template. Pada Microsoft Word 2007, ekstensi berikut
ini digunakan:
1.
*.docx : Standard dokumen word tanpa macro atau
coding
2.
*.dotx : Dokumen word yang mengandung macro
atau coding
3.
*.docm : Template dari Word tanpa macro atau
coding
4.
*.dotm : Template dari word yang mengandung
macro atau coding
Kelbihan yang terdapat
pada Microsoft Office 2010, diantaranya:
1.
Fasilitas
di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang
versinya paling tinggi pada saat ini.
2.
Saat
pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk
masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya,
Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar
kerja.
3.
Ukuran
file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.
4.
Gaya
tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office
2007.
5.
Pengaturan
naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.
6.
Dapat
membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file
format PDF, XPS (portable online), dan ODT (OpenOffice) secara langsung.
7.
Office
2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office
2007.
8.
Terdapat
‘quick acces toolbar’.
9.
Untuk
MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut
dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.
10. Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
11. Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas, layaknya
Microsoft Word 2007.
12. Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft Word 2007.
13. Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu
lembar kerja.
14. Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
15. Save as lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh
Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable
online), dan ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya
dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan
format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan
support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.
16. Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.
17. Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada
edisi yang sebelum-sebelumnya.
18. Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman
apabila kita dekatkan kursor di ikon tersebut.
19. Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.
20. Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan
‘Office Button’, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007.
Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh
(full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.
21. Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan
full-window pada menu File.
22. Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview
layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip
tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.
23. Loading lebih cepat dan lebih ringan.
1.
Lebih
sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga
lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
2.
Desain
yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3.
Tidak
terdapat ‘Office Button’.
4.
Pengguna
Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter
untuk dapat membuka file Office 2010.
5.
Tab
kontekstual dan style gellery agak mengganggu
MICROSOFT EXCEL 2010
Microsoft Office Excel 2010 adalah
software statistika yang paling sempurna dan canggih karena tersedia berbagai
rumus/formula untuk memudahkan anda dalam melakukan penghitungan, berbagai
model charts/diagram yang bisa disesuaikan dan cara penggunaannya yang mudah,
fitur untuk membuat dan mendesain tabel, dan berbagai fitur canggih lainnya.
Selain itu, anda juga dapat men’share’ hasil kerja anda ke teman kerja anda melalui
Microsoft SharePoint Workspace 2010 dan SkyDrive.
Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet
yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, Perusahaan yang juga membuat
sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri
atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite program (gabungan
beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program atau saling
terkoneksi satu sama lain).
Perangkat
lunak (software) Type Spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran
komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc
masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini
kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3.
Lotus 1-2-3 menjadi standard software
spreadsheet untuk beberapa waktu
lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows
(Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin
aplikasi software spreadsheet.
Tabel
4.1.1 Perkembangan Microsoft
Office Excel
Tahun
|
Versi Excel
|
Sistem Operasi
|
|
Excel 1.0
|
Apple Macintosh
Classic
|
T/A
|
|
Excel 2.0 for Windows
|
T/A
|
||
Excel 1.5
|
Apple Macintosh
Classic
|
T/A
|
|
Excel 2.2
|
Apple Macintosh
Classic
|
T/A
|
|
Excel 2.2
|
T/A
|
||
Excel 3.0
|
T/A
|
||
Excel 3.0
|
T/A
|
||
Excel 3.0
|
T/A
|
||
Excel 4.0
|
T/A
|
||
Excel 4.0
|
Apple Macintosh
|
T/A
|
|
Excel 5.0
|
Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
|
||
Excel 5.0
|
Apple Macintosh
|
T/A
|
|
Excel 7 for Windows 95
|
Microsoft Office 95
|
||
Excel 97 (Excel 8)
|
Microsoft Office 97
|
||
Excel 8.0
|
Apple Macintosh
|
Microsoft Office '98 for Macintosh
|
|
Excel 2000 (Excel 9)
|
Microsoft Office 2000
|
||
Excel 9.0
|
Apple Macintosh
|
Microsoft Office 2001 for Macintosh
|
|
Excel 2002 (Excel 10)
|
Microsoft Office XP
|
||
Excel 10.0
|
Microsoft Office v. X
|
||
Excel 2003 (Excel 11)
|
Microsoft Office System 2003
|
||
Excel 11.0
|
Apple Macintosh OS X
|
Microsoft Office 2004 for Macintosh
|
|
Excel 2007 (Excel 12)
|
Microsoft Windows XP
(dengan Service
Pack 2 atau lebih tinggi),
Windows
Server 2003 (Service Pack
1), Windows Vista, serta Windows
Server 2008.
|
Microsoft Office System 2007
|
|
Excel 2010 (Excel 14)
|
Microsoft Office 2010
|
1.
Baris
Judul ( Tittle Bar ), bagian ini
berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang di aktifkan.
2. Baris Menu ( Menu Bar
), bagian ini berisi barisan perintah berupa menu, seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools,
Data, Windows, dan Help.
3.
Baris
Toolbars ( Toolbars ), bagian ini
berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan
cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yang sering digunakan.
4.
Tombol
Ukuran ( Sizing Button ), bagian ini
berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft Excel.
5.
Task Pane,
pada bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita pada saat menyunting (meng-edit) lembar kerja, jendela Task Pane ini akan ditampilkan secara
otomatis dan isinya menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan.
6.
Baris
Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar
), bagian ini ditunjukkan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
7.
Baris
Penggulung Mendatar (Horizontal Scrool
Bar), bagian ini ditujukan untuk
menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
8.
Baris
Rumus (Formula Bar), bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi sel
yang sedang aktif di lembar kerja.
Fungsi
adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan.
Fungsi yang disediakan Excel 2010 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok
fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika,
logika, teks, database dan lainnya. Fungsi dapat diketik secara manual atau
menggunakan Faste Function.
Tabel
4.3.1 Fungsi pada excel
RUMUS
|
KETERANGAN
|
SUM
|
Penjumlahan
suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =SUM(range data)
|
AVERAGE
|
Mencari
nilai rata-rata dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= AVERAGE
(range data)
|
MAX
|
Mencari
nilai tertinggi dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= MAX (range
data)
|
MIN
|
Mencari
nilai terendah dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =MIN(range
data)
|
COUNT
|
Mencari
jumlah data pada range tertentu. Bentuk rumus =COUNT(range data)
|
VLOOKUP
|
Pembacaan
tabel secara vertical
|
HLOOKUP
|
Pembacaan
tabel secara horizontal
|
IF
|
Fungsi
logika
|
AND
|
Logika
yang bernilai benar jika semua syarat terpenuhi
|
OR
|
Logika
yang bernilai benar jika minimal salah satu syarat terpenuhi
|
LEFT
|
Mengambil
data dari kiri
|
RIGHT
|
Mengambil
data dari kanan
|
MID
|
Mengambil
data di tengah
|
Apabila
Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya diperlukan ekspresi atau
pernyataan logika. Ekspresi logika yang umumnya dipakai adalah :
= sama dengan <= lebih kecil atau sama dengan
< lebih kecil dari >= lebih besar atau sama dengan
> lebih besar dari <> tidak sama dengan
= sama dengan <= lebih kecil atau sama dengan
< lebih kecil dari >= lebih besar atau sama dengan
> lebih besar dari <> tidak sama dengan
1.
*.xls
,
merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih
berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
2.
*.xlt
,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum
Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
3.
.XML
,
atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro
VBA.
4.
*.xla
,
merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format
BIFF dan dapat menyimpan macro VBA,
mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
5.
*.xlsx
,
merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan.
Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres
berformat ZIP
dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti
dari format .xls
yang kuno.
6.
*.xlsm
,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML,
tapi dapat menyimpan macro VBA.
7.
*.xlsb
,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML,
tapi dikodekan dalam bentuk biner.
Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat
tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat
besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
8.
*.xltm
,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12,
yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan
pengganti dari format *.xlt
.
9.
*.xlam
,
merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12.
Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya
adalah menambahkan kemampuan Excel.
1. LEBIH
RINGAN.
Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010
hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk
penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan
sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.
2. MENU FILE HADIR KEMBALI.
2. MENU FILE HADIR KEMBALI.
Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan menemukan
lagi The Office 2007 Button, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office
2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh
(full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.
3. TAMPILAN RIBBON SERAGAM.
Ribbon atau pita menu kini juga dapat ditemukan pada
aplikasi Office lainnya, yakni Outlook, Visio, OneNote, Project, dan Publisher.
4. SMART-ART DAN TEMPLATE BARU.
Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus
koleksi sebelumnya dari Office 2007.
5. SAVE AS LEBIH VARIATIF.
Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah
fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), dan ODT
(OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat
difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format
atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support
Microsoft Office bahkan terhadap open source.
6. PRINT FUNCTION INTEGRATED.
Fungsi print preview dan print telah terintegrasi
dengan full-window pada menu File pada offce 2010 yang sangat memudahkan kita.
7. FUNGSI JUMP-LISTS.
Dengan fungsi jump-lists kita dapat langsung menuju
dokumen yang sebelumnya pernah kita buka atau jalankan melalui StartMenu. Bisa
dibilang layaknya RecentDocuments tetapi terbagi atas tiap aplikasi Office
tersendiri dan hanya ada pada Windows 7.
8. FITUR THUMBNAIL.
Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau
preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat
mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya
terlebih dahulu.
a.
Kalau kita membuka Word 2010 tidak bisa langsung
membuka Excel atau Powerpoint seperti pada OpenOffice (Pilih File-New-Spreadsheet/Powerpoint).
b.
Tidak dapat secara default menyimpan file dalam
format OpenDocument (odt, ods, odp, dsb).
c.
Tampilan MS Office 2010 yang lebih banyak
eye-candy juga lebih boros baterai laptop.
BAB 5
Bagi anda yang akan melakukan
presentasi dan membuat slide show anda bisa menggunakan Microsoft Office
PowerPoint 2010. Dengan Microsoft Office PowerPoint 2010, anda bisa membuat
presentasi dalam bentuk slide show beranimasi dan bertransisi sehingga hasil
presentasi anda terlihat lebih dinamis. Selain itu juga anda dapat menggunakan
berbagai macam desain slide yang tersedia di softwarenya maupun dari office.com
sehingga pekerjaan anda akan lebih cepat selesai. Anda juga dapat men’share’
hasil kerja anda ke teman kerja anda dengan mudah dan cepat.
Hal yang terpenting bagi sebagian
orang untuk memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada pihak lain adalah
dengan mempresentasikannya. Microsoft PowerPoint atau Microsoft
Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program
komputer untuk presentasi yang dikembangkan
oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft
Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa
program lainnya.
PowerPoint
berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft
Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem
operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di
atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi
oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa,
dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003,
Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi
Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat
PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office
PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini
pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter
untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya
menjadi PowerPoint.
Pada tahun
1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple
Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu
membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).
Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna,
setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft
pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint
dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun
1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran,
mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah
menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran
Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Tabel 5.2.1
Perkembangan Microsoft Power Point
Tahun
|
Versi PowerPoint
|
Sistem Operasi
|
Paket Microsoft Office
|
1987
|
PowerPoint 1.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
1988
|
PowerPoint 2.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
1990
|
PowerPoint 2.0
|
Windows 3.0
|
T/A
|
1992
|
PowerPoint 3.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
1992
|
PowerPoint 3.0
|
Windows 3.1
|
T/A
|
1993
|
PowerPoint 4.0
|
Windows NT 3.1, Windows 3.1, Windows 3.11
|
Microsoft Office 4.x
|
1994
|
PowerPoint 4.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
1995
|
PowerPoint 7 for Windows 95
|
Windows 95, Windows NT
|
Microsoft Office 95
|
1997
|
PowerPoint 97
|
Windows 95/98, Windows NT 4.0
|
Microsoft Office 97
|
1998
|
PowerPoint 98
|
Mac OS Classic
|
Microsoft Office 1998 for Mac
|
1999
|
PowerPoint 2000
|
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
|
Microsoft Office 2000
|
2000
|
PowerPoint 2001
|
Mac OS X
|
Microsoft Office 2001 for Mac
|
2001
|
PowerPoint 2002
|
Windows 2000/XP
|
Microsoft Office XP
|
2002
|
PowerPoint v.X
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac v.X
|
2003
|
PowerPoint 2003
|
Windows 2000 Service Pack 3, Windows XP Service Pack 1,
Windows Server 2003
|
Microsoft Office System 2003
|
2004
|
PowerPoint 2004
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2004
|
2006
|
PowerPoint 2007
|
Microsoft Windows Vista, Windows XP Service Pack 2,
Windows Server 2003, Windows Server 2008
|
Microsoft Office System 2007
|
2007
|
PowerPoint 2008
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2008
|
2010
|
PowerPoint 2010
|
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service Pack 2),
Windows XP (Service Pack 3) Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2
|
Microsoft Office 2010
|
2010
|
PowerPoint 2011
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2011
|
2013
|
PowerPoint 2013
|
Windows 8 (Disarankan), Windows 7, Windows Server 2008 R2,
Windows Server 2012, Mac OS X (Office 365)
|
Microsoft Office 2013 & Office 365
|
Dalam PowerPoint, seperti halnya
perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara,
dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang
disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki
analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat
munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam
PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar
dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat
membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
PowerPoint
menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan
Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah
slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur
pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam
banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan
menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat
disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).
1. *.PPT
(PowerPoint Presentation), yang
merupakan data biner dan tersedia
dalam semua versi PowerPoint (termasuk
PowerPoint 12).
2. *.PPS
(PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua
versi PowerPoint (termasuk PowerPoint
12).
3. *.POT
(PowerPoint Template), yang merupakan
data biner dan tersedia dalam semua
versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
4. *.PPTX
(PowerPoint Presentation), yang yang
merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.
Baris Judul
atau title bar merupakan program
aplikasi dari file yang aktif.
1. Icon control menu merupakan
menu yang digunakan untuk mengontrol
jendela yang sedang aktif.
2. Baris Menu (Menu Bar)
berisi perintah berupa menu-menu yang
aktif, dimana setiap menu mempunyai sub
menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.
3. Toolbar standard
berisi perintah-perintah shotcut
(singkat) yang membentuk icon-icon
berupa icon New, Open, Save, Print, Cut,
Copy, Paste, Undo, Redo dan seterusnya dan berfungsi untuk menjalankan
perintah dengan cepat dan mudah.
4. Toolbar Formatting
berisi fasilitas-fasilitas untuk memformat area
slide lembar kerja berupa jenis huruf, tebal, miring, garis bawah, rata
kiri, tengah, rata kanan, rata kiri dan kanan dan seterusnya.
5. Drawing Bar (baris
gambar) berisi fasilitas sederhana untuk menggambar, terdapat juga word art, clip art, teks box dan
lain-lain.
6. Area
Catatan, digunakan untuk memberikan catatan (notes) pada slide yang sedang
dipilih.
7. Area
Slide, untuk menampilkan slide aktif
yang sedang dirancang.
8. Area
Outline, untuk menampilkan kerangka
presentasi yang mencakup judul dan isi m4teri presentasi secara keseluruhan.
9. Office Asistant,
menampilkan bentuk gambar animasi yang menarik. Task Pane, jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen.
10. Tombol
ukuran menentukan besarnya layar tampilan, apakah diperbesar penuh satu layar
atau diperkecil.
PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi
yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat
disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi Teks, Gambar dan Grafik,
Foto, Suara, Film.
PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan
software lain, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel. Seseorang bisa
menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point,
bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint
Berikut adalah fungsi yang kita dapatkan pada Ms. PowerPoint:
a.
Microsoft PowerPoint mempunyai fungsi untuk
membantu kita mempresentasikan laporan. Maksudnya PowerPoint bisa menyusun
bahan presentasi dan menyajikannya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu
yang singkat.
b.
Microsoft Power Point adalah suatu program aplikasi
yang berfungsi untuk membuat presentasi dalam bentuk slide-slide.
c.
Untuk menjalankan Wizard dalam mengorganisir
informasi dan untuk merancang tampilan / presentasi.
d.
Untuk membantu mengorganisir informasi
presentasi dan membantu dengan tampilan keseluruhan.
Mengingat Microsoft PowerPoint
merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung
struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org.
OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan
program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk
PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint,
aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki
oleh PowerPoint.
Meskipun
demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari
aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE),
beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi
lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka
presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara
sukses dalam Macintosh.
Hal ini mengakibatkan
adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data
yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga
OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya
meninggalkan PowerPoint. Walaupun Begitu, Microsoft sudah melakukan hal serupa
saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12).
Presentasi dalam bentuk PowerPoint
adalah mengumpulkan slide elektronik yang di dalamnya terdapat teks, gambar,
grafik, tabel, suara, dan video. Dalam menyampaikan presentasinya, informasi
yang telah disusun dapat berjalan dengan otomatis atau dapat juga dikontrol
oleh penyaji materi.
Gambar
5.7.1 Tampilan Microsoft PowerPoint 2010
1.
Tombol Microsoft Office PowerPoint
Dalam tombol Microsoft office
terdapat banyak fungsi, seperti file menu pada versi PowerPoint sebelumnya.
Pada tombol Microsoft office tersebut terdapat menu create a new presentation,
open an existing presentation, save and save as, print, send, dan close.
2.
Menu pita
Menu pita adalah panel yang terdapat
di atas layar dan memiliki 7 tab, yaitu home, insert, design, animations, slide
show, review and view. Tiap label dipisahkan dalam kelmpok. Menu tersebut
dikelmpokan berdasarkan fungsinya dan dapat digunakan dalam membuat dan
mengedit slide PowerPoint.
Keunggulannya
terlihat pada menu pita. Untuk mengetahui keunggulan tambahan pada tiap grup
menu, klik panah yang terletak pada ujung bawah kanan pada ujung bawah kanan
pada tiap-tiap kelompok.
3.
Toolbar quick access
Toolbar quick access adalah toolbar yang
dapat diubah. Dalam toolbar tersebut terdapat perintah yang dapat digunakan.
Kita dapat meletakan Toolbar quick access tersebut diantara atau di bawah menu
pita. Untuk mengubah letak Toolbar quick access, klik pada panah ke bawah yang
terletak pada sisi kanan toolbar dan kemudian klik show below the ribbon.
4.
Navigasi
Navigasi terletak pada kiri layar.
Fungsinya untuk memilih slide yang diinginkan, pada navigasi ini berisikan
slide-slide yang telah dibuat dalam ukuran kecil. Sementara itu, outline dipergunakan
untuk materi-materi yang akan dimasukan dalam presentasi. Untuk mengakses
outline, klik tab outline.
5.
Slide views
Presentasi dapat ditampilkan dalam
beberapa variasi. Pada tab view dengan memilih kelompok presentation views
terdapat cara tampilan slide berdasarkan pada tampilan normal, slide sorter,
notes page, slide show, slide master, handout master, dan notes master.
Microsoft PowerPoint mempunyai
beberapa kelebihan, diantaranya:
1.
Mudah dalam penggunaannya.
2.
Dapat dicetak dalam bentuk handout, slide,
outline maupun note page.
3.
Memiliki fasilitas tambahan yang berisi
perintah perintah yang umum digunakan dalam program aplikasi Microsoft Office.
fasilitas ini disebut dengan task panes yang terletak disebelah kanan layout
(lembar kerja).
4.
Tersedia fasilitas Help yang memberikan
kemudahan pada anda untuk dapat mengetik kata kunci pada kata Ask a Question
yang terdapat di menu bar.
5.
Tersedia fasilitas smart tag yaitu fasilitas
tambahan dalam pengkopian teks yang memberikan pilihan dalam mengubah format
format teks teks yang anda inginkan.
6.
Mudah dalam diagram atau Chart dengan
menggunakan Toolbar Drawing.
7.
Mudah dalam menentukan animasi dan format
lainnya sendiri.
8.
Membawa lebih banyak energi dan dampak
visual presentasi Anda.
9.
Buat presentasi berkualitas tinggi dengan
pemandangan grafis.
10. Memikat
audiens dengan transisi baru dan peningkatan animasi.
11. Bekerja
pada beberapa presentasi dan beberapa monitor.
12. Menyelesaikan
pekerjaan lebih cepat.
13. Menambah
pengalaman video pribadi.
Tak luput dari kekurangan, Microsoft
PowerPoint juga mempunyai kekurangan seperti, yaitu:
1.
Perubahan design yang drastis sehingga
mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga
terbiasa.
2.
Relatif berat, terutama di mesin yang
pas-pasan.
3.
Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau
kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
4.
Installer yang lebih besar.
5.
Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu
processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512
MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan
minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
6.
Minimal OS Windows XP dengan SP2.
7.
Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang
sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
8.
File yang dihasilkan defaultnya berformat
.docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft
Word 2003.
9.
Menyimpan file untuk web terasa lebih
kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10. Tab
konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11. Karena
merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari
user.
BAB 6
Demikian yang
dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah
ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya
pengetahuan. Semoga makalah ini berguna bagi penulis khususnya para pembaca.
Microsoft Office adalah suatu produk
perangkat kantor yang cukup handal dewasa ini. Setelah mengalami peningkatan
fasilitas menuju penyempurnaan, hingga sekarang telah beredarnya Microsoft
Office 2003, adapun program-program aplikasi perkantoran yang terintegrasi
penuh antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya.
Microsoft Office juga adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk perusahaan
atau usaha sendiri. Software ini juga mudah dipahami.
Microsoft
Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui, agar
supaya kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya. Karena tidak bisa
dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan
“misalnya” tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk
membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan lain
sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft office. Jadi, alangkah
baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah microsoft office dan
perkembangannya hingga sampai saat ini.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.indoswara.com/
http://mugi.or.id/forums/t/2212.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar